NURDIANA, NURDIANA (2020) penerapan terapi spiritual : dzikir pada Tn.A terhadap kemampuan mengontrol halusinasi pendengaran di ruangan nuri RSJ Prof. HB Saanin Padang Tahun 2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA.
Text
23 KIAN NURDIANA.pdf Download (2MB) |
Abstract
23). NURDIANA 1914901731 ABSTRAK psikotik yang bersifat kronis ditandai dengan terdapatnya perpecahan (schism) antara pikiran, emosi dan perilaku pasien yang terkena. Perpecahan pada pasien digambarkan dengan adanya gejala fundamental (atau primer) spesifik, yaitu gangguan pikiran yang ditandai dengan gangguan asosiasi, khususnya kelonggaran asosiasi. Halusinasi merupakan persepsi yang salah (false perception) tanpa adanya objek luar. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan pada pada pasien halusinasi adalah penerapan terapi spiritual:dzikir. Tujuan dari karya ilmiah ini mampu menerapkan terapi spiritual:dzikir pada Tn.A dalam mengontrol halusinasi pendengaran diruangan nuri RSJ Prof Hb Saanin padang. Metode penulisan ini adalah studi kasus dengan quasy eksperime, intervensi ini dilakukan 1 kali dalam sehari selama 4 hari. Dari hasil intervensi yang dilakukan selama 4 hari didapatkan bahwa terapi Spiritual : dzikir dapat mengontrol halusinasi pendengaran pada Tn.A. Kesimpulan dari intervensi mengontrol halusinasi pendengaran dapat diidentifikasi dan dikendalikan dengan salah satunya penerapan terapi spiritual : dzikir dengan strategi pelaksanaan (Sp1-Sp 4). Saran diharapkan perawat selalu berusaha untuk menerapkan terapi spiritual :dzikir pada pasien halusinsi pendengaran, karena berdzikir dapat meningkatkan ketenangan hati sehingga gejala-gejala penderita halusinasi akan lebih. Kata Kunci : Terapi spiritual : dzikir, gangguan persepsi sensori :
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners |
Depositing User: | lena lena |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 02:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 02:32 |
URI: | http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/1190 |
Actions (login required)
View Item |