ANALISIS KEPUASAN PASIEN LANSIA RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS AMBACANG KOTA PADANG

BELLA OKTA, SARI (2020) ANALISIS KEPUASAN PASIEN LANSIA RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS AMBACANG KOTA PADANG. Skripsi thesis, Upertis.

[img] Text
SKRIPSI BELLA OKTA SARI-converted-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan jumlah lansia akan berdampak pada meningkatnya masalah kesehatan terutama kejadian penyakit kronis dan degeneratif. Akibatnya kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan jangka panjang dan berkesinambungan menjadi meningkat, salah satunya adalah pelayanan kefarmasian kepada lansia di Puskesmas. Kepuasan pasien merupakan suatu target yang sering diterapkan dengan cara membandingkan hasil pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapannya. Tujuan penelitian untuk mengukur tingkat kepuasan pasien lansia terhadap pelayanan kefarmasian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), empati (empathy), bukti langsung (tangible), jaminan (assurance) dan untuk melihat kesesuaian kualitas pelayanan kefarmasian yang dilaksanakan oleh Puskesmas Ambacang Kota Padang. Jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel 100 pasien lansia yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabelitas. Analisa data menggunakan program SPSS ( Statistical Package for the Social Sciences ). Hasil dari lima dimensi indikator tentang kepuasan pasien lansia adalah kehandalan sebesar 80,66%, ketanggapan 81,83%, empati sebesar 83%, bukti langsung sebesar 79,75%, dan jaminan 82,91%. Selanjutnya rata-rata tingkat kepuasan pasien lansia terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Ambacang Kota Padang secara keseluruhan sebesar 81,63% dengan ketegori sangat puas. Kesimpulan kualitas pelayanan kefarmasian yang diberikan Puskesmas Ambacang Kota Padang di tinjau dari aspek pelayanan farmasi klinik telah sesuai menurut standar Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 tahun 2016. . Kata kunci : Pasien lansia, Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas Ambacang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Farmasi > S1 Farmasi
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 09 May 2021 18:58
Last Modified: 18 May 2021 03:09
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item