HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN GIZI TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA BALITA TAHUN 2020

WILDANIRA, NIRA (2020) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN GIZI TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA BALITA TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Perintis Indonesia.

[img] Text
WILDANIRA.pdf

Download (644kB)

Abstract

Stunting diefenisikan sebagai tinggi badan menurut umur dibawah -2 standart median kurva pertumbuhan anak WHO. Stunting merupakan kondisi kronis buruknya pertumbuhan linear seorang anak yang merupakan akumulasi dampak berbagai faktor seperti buruknya gizi dan kesehatan sebelum dan setelah kelahiran tersebut. Secara global 26% balita mengalami stunting. Delapan puluh persen balita stunting terbesar pada 14 negara didunia dan Indonesia menduduki ranking ke lima negara dengan jumlah stunting terbesar. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dan asupan gizi terhadap kejadian stunting pada balita. Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan secara studi literatur. Variabel bebas yaitu tingkat pengetahuan ibu dan asupan gizi sedangkan variabel terikat adalah kejadian stunting pada balita. Setelah dilakukan penelitian balita mengalami stunting melebihi 20%. Stunting pada balita berdasarkan tingkat pengetahuan ibu menunjukkan bahwa ibu balita memilik tingkat pengetahuan kurang lebih banyak pada balita kelompok stunting dibandingkan pada kelompok normal. Sedangkan asupan protein, lemak, cendrung kurang sedangkan asupan karbohidrat dan energi cukup. Terdapat hubungan yang bermakna antar pengetahuan ibu dan asupan gizi denga kejadian stunting pada balita. Bagi masyarakat terutama untuk ibu yang memiliki balita agar lebih memperhatikan balitanya sendiri agar tidak terjadi stunting, selain itu ibu balita tersebut harus memiliki pengetahuan tentang gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Gizi
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 28 May 2021 03:42
Last Modified: 28 May 2021 03:42
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item