PENGARUH PENYULUHAN GIZI MENGGUNAKAN DEMONSTRASI TERHADAP PERUBAHAN PRAKTIK GIZI SEIMBANG PADA MURID MIN 3 SOLOK SELATAN TAHUN 2020

MUTIARA ALFI GUSTI, MUTIARA (2020) PENGARUH PENYULUHAN GIZI MENGGUNAKAN DEMONSTRASI TERHADAP PERUBAHAN PRAKTIK GIZI SEIMBANG PADA MURID MIN 3 SOLOK SELATAN TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Perintis Indonesia.

[img] Text
MUTIARA ALFI GUSTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pedoman gizi seimbang merupakan pedoman yang berisikan pesan-pesan yang berkaitan dengan makanan yang diperlukan guna memelihara kesehatan dan gizi yang baik. Hasil survey awal yang dilakukan di Sekolah MIN 3 Solok Selatan pada tanggal 22 November 2019. Dari total siswa kelas IV dan V berjumlah sebanyak 46 orang. Murid yang mengalami malnutrisi terdiri dari 23,91% kurus , 17,39 gemuk dan 58,69% normal. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat pengetahuan ,praktik gizi seimbang sebelum dan sesudah mendapatkan penyuluhan gizi pada murid MIN 3 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperiument, dengan desain penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen Design) dan menggunakan rancangan One Group Pre Test- Post Test. Data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan pada Bulan April s.d Oktober 2020, besar sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 46 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 42 %, peningkatan kalori pada praktik gizi seimbang sebesar 29.1%, sedangkan p-value pengetahuan dan praktik gizi seimbang sebelum dan sesudah intervensi <0.05. Penyuluhan dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan pengetahuan dan praktik gizi seimbang pada murid MIN 3 Solok Selatan. Perlunya diadakan pendidikan gizi di sekolah dasar baik secara langsung kepada siswa terkait gizi anak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:33
Last Modified: 02 Jun 2021 01:33
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item