Pengaruh terapi bicara dengan metode modeling terhadasp perkembangan bahasa anak daun singkron di sekolah dasar luar biasa Negeri 1 ganting Bukittinggi th 2018

YETTA PARMAYANTI, YETTA PARMAYANTI (2018) Pengaruh terapi bicara dengan metode modeling terhadasp perkembangan bahasa anak daun singkron di sekolah dasar luar biasa Negeri 1 ganting Bukittinggi th 2018. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
47 YETTA PARMAYANTI.pdf

Download (536kB)

Abstract

YETTA FARMA YANTI (47)161421127 Pengaruh Terapi Wicara Dengan Metode Modeling Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Down Syndrome Di SDLB Negeri 1 Ganting BukittinggiTahun 2018 viii + VI BAB, 55 halaman + 5 tabel + 2 daftar Skema+10 lampiran ABSTRAK Down Syndrome adalah kelainan kromoson 21 yang termasuk dalam penyakit genetik tetapi bukan penyakit keturunan. 99% masalah yang dihadapi oleh anak Down Syndrome adalah gangguan bicara. Salah satu upaya yang dilakukan untuk anak Down Syndrome dengan ganguan bicara adalah terapi wicara, yaitu terapi yang mengajarkan bagaimana cara berkomunikasi dinilai dari pemahaman, pengunaan bahasa, perkataan serta kejelasan bicara,danmetode yang digunakan adalah metode modeling yaitu terapis menyediakan diri sebagai modelnya langsung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Terapi Wicara Dengan Metode Modeling Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Down Syndrome Di SDLB Negeri 1 Ganting BukittinggiTahun 2018.”Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperiment dengan rancangan One Grup Pretes-Post test design. Populasi pada penelitian ini adalah anak Down Syndrome yang mengalami ganguan bicara dan bahasa. Dengan sampel sebanyak 12 orang anak Down Syndrome.Pengambilan sampel menggunakan teknik Porpossive Sampling Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dengan analisa univariat dan bivariat.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata Perkembangan bahasa anak Down Syndrom sebelum dilakukan terapi wicara yaitu 8,17 dan sesudah dilakukan terapi wicara yaitu 21,92. dan perbedaan rerata 13,75 Dengan p-value 0,000. Dengan kesimpulan ada nya pengaruh dilakukannya Terapi wicara terhadap perkembangan bahasaanak Down Syndrome. Saran perlu menginformasikan kepada pendidik dan orang tua agar memberikan perhatian dan dorongan kepada anak Down Syndrom dengan cara terus melatih anak dalam berbicara dan melafalakan kata, demi kelancaran komunikasi anak. Kata kunci : Down Syndrome,Perkembangan Bahasa,Terapi Wicara Daftarpustaka : 22 (2008-2013)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 13 Dec 2018 03:04
Last Modified: 09 Sep 2019 07:22
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item