ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MUHAMMAD ZEIN PAINAN

FINA, MONISA (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MUHAMMAD ZEIN PAINAN. Skripsi thesis, Fakultas farmasi.

[img] Text
Draft Skripsi Fina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan langsung yang bertanggungjawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kepuasan adalah tingkat perasaan yang diperoleh dengan cara menilai atau membandingkan hasil kinerja pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapannya. Kepuasan pasien tercapai apabila kinerja pelayanan kesehatan yang didapatkan sama atau melebihi harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi RSUD Dr. Muhammad Zein Painan ditinjau dari variabel ServQual (Service Quality) yaitu kehandalan (reability), ketanggapan (responsiveness), kemampuan (assurance), empati (emphaty), dan bukti langsung (tangible) dengan jenis penelitian analitik kuantitatif dan cara pengambilan sampel secara purposive sampling. Tingkat kepuasan pasien berdasarkan indikator kehandalan yaitu 13% merasa sangat puas dan 87% merasa puas, indikator ketanggapan yaitu 19% merasa sangat puas dan 81% merasa puas, indikator kemampuan yaitu 20% merasa sangat puas dan 80 merasa puas, indikator empati yaitu 13% merasa sangat puas dan 87% merasa puas, dan indikator bukti fisik yaitu 13% merasa sangat puas dan 87% merasa puas. Persentase rata-rata dari kualitas pelayanan kefarmasian yaitu 81% merasa puas dan 87% merasa puas yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh petugas Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Muhammad Zein Painan. Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Indikator Kualitas Layanan, ServQual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Farmasi > S1 Farmasi
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 10 Jul 2022 05:04
Last Modified: 10 Jul 2022 05:04
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item