EFEKTIFITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA SLIDE DAN LEMBAR BALIK TERHADAP PENGETAHUAN LANSIA TENTANG GIZI DIPOSYANDU JORONG KUMANGO PUSKESMAS SUNGAI TARAB I TAHUN 2021

SRI UTARI, SRI UTARI (2022) EFEKTIFITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA SLIDE DAN LEMBAR BALIK TERHADAP PENGETAHUAN LANSIA TENTANG GIZI DIPOSYANDU JORONG KUMANGO PUSKESMAS SUNGAI TARAB I TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Perintis Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI (SRI UTARI-2020273066).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lanjut usia merupakan proses alami yang tidak dapat dihindarkan, proses menjadi tua disebabkan oleh faktor biologi. Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup lansia, perlu dilakukan upaya perbaikan gizi lansia melalui penerapan gizi seimbang. Belum optimalnya penerapan gizi seimbang pada lansia dan masih dijumpai berbagai masalah terkait dengan prilaku makan, perilaku hidup bersih dan sehat, serta penyakit yang berkaitan dengan gizi. Salah satu upaya untuk menanggulangi masalah gizi pada lansia yaitu melalui peningkatan pengetahuan terhadap pentingnya gizi seimbang dan status gizi yaitu dengan melakukan penyuluhan. Penelitian dilakukan di Posyandu Lansia Jorong Kumango Puskesmas Sungai Tarab I dengan jumlah sampel adalah 60 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner, uji statistik pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Dari penelitian yang sudah dilakukan didapatkan ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang gizi di Posyandu Jorong Kumango Tahun 2022 dengan p-value 0,000. Diharapkan bagi lansia untuk meningkatkan pengetahuan dan menerapkannya dikehidupan sehari-hari dan diharapkan puskesmas dan kader lansia untuk aktif dan mengadakan posyandu lansia secara teratur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:31
Last Modified: 04 Jan 2023 07:31
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item