PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK PELVICK ROCKING EXERCISE TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI SMP N 6 LEMBAH GUMANTI TAHUN 2021

ANISA FATMA NINGSIH, ANISA FATMA NINGSIH (2021) PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK PELVICK ROCKING EXERCISE TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI SMP N 6 LEMBAH GUMANTI TAHUN 2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA.

[img] Text
2. ANISA FATMA NINGSIH PRO.pdf

Download (15MB)
[img] Text
2. ANISA FATMA NINGSIH SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

2. ANISA FATMA NINGSIH ABSTRAK Dismenore adalah nyeri saat haid biasanya dengan rasa kram dan terpusat diabdomen bawah. Dismenore disebabkan oleh kontraksi uterus dan penyempitan pembuluh darah didalam lapisan uterus. Nyeri dismenore dapat ditangani secara nonfarmakologis salah satunya dengan teknik dimana gerakan-gerakan kecil dalam teknik ini dapat membuat otot-otot rahim menjadi rileks sehingga aliran darah menuju rahim menjadi lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik terhadap penurunan intensitas nyeri dismenore pada remaja putri di SMPN 6 Lembah Gumanti tahun 2021. Metode penelitian menggunakan dengan Teknik sampling menggunakan yaitu remaja putri yang mengalami dismenore (n=17). Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner NRS, lembar observasi. Uji statistik menggunakan uji non-parametrik dengan taraf signifikasi = 0,05. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai = 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik terhadap penurunan intensitas nyeri dismenore pada remaja putri. Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat memberikan informasi kepada siswi tentang teknik nonfarmakologis untuk menurunkan intensitas nyeri dismenore.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:52
Last Modified: 05 Apr 2023 03:08
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/2977

Actions (login required)

View Item View Item