Dofi Sisva Noprianty, Dofi Sisva Noprianty (2023) PENGARUH EDUKASI GIZI ISI PIRINGKU TERHADAP PENGETAHUAN GIZI DAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 39/III KUBANG GEDANG KABUPATEN KERINCI JAMBI. Skripsi thesis, Universitas Perintis Indonesia.
Text
SKRIPSI_DOFI SISVA NOPRIANTY (NIM. 2120273081).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
ARTIKEL_DOFI SISVA NOPRIANTY (NIM. 2120273081.pdf Download (512kB) |
Abstract
PROGRAM STUDI S1 GIZI UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA Skripsi, Maret 2023 Dofi Sisva Noprianty PENGARUH EDUKASI GIZI ISI PIRINGKU TERHADAP PENGETAHUAN GIZI DAN ASUPAN ZAT GIZI MAKRO PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 39/III KUBANG GEDANG KABUPATEN KERINCI JAMBI ix + 88 halaman + 14 tabel + 12 lampiran ABSTRAK Anak sekolah merupakan salah satu populasi yang paling rentan dalam permasalahan gizi, salah satu upaya untuk memperbaiki status gizi anak sekolah adalah dengan memberikan edukasi gizi isi piringku pada anak sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan asupan zat gizi makro anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi isi piringku terhadap pengetahuan gizi dan asupan zat gizi makro pada anak SDN 39/III Kubang Gedang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan two groups pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SDN 39/III Kubang Gedang pada bulan Oktober-Desember 2022. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan form recall 1 x 24 jam. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan pada kelompok kontrol terdapat selisih rerata pengetahuan sebanyak 1,07, selisih rerata energi 11,385 kkal, selisih rerata karbohidrat 0,178 gram, selisih rerata protein 2,571 gram, selisih rerata lemak 0,564 gram. Pada kelompok perlakuan terdapat selisih rerata pengetahuan 16,43, selisih rerata energi 71,207 kkal, selisih rerata karbohidrat 9,978 gram, selisih rerata protein 4,485 gram, selisih rerata lemak 5,278 gram. Terdapat perbedaan rata-rata skor pengetahuan gizi dan asupan zat gizi makro sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi isi piringku pada kelompok perlakuan. Pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan rata-rata skor pengetahuan gizi dan asupan zat gizi makro. Disarankan agar pihak sekolah dapat memberikan edukasi gizi pada kurikulum pembelajaran disekolah, agar anak dapat mencapai derajat kesehatan yang baik. Kata Kunci : Edukasi, Isi Piringku, Pengetahuan, Asupan Zat Gizi Makro Daftar Bacaan : 62 (2014-2022)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi |
Depositing User: | tripayuni ekaputri |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:11 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 02:11 |
URI: | http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/3135 |
Actions (login required)
View Item |