HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN PENGETAHUAN DENGAN KEBIASAAN MEMBACA LABEL PRODUK PANGAN KEMASAN PADA KONSUMEN DI MINIMARKET KOTA BENGKULU

YOLANDA, YOLANDA (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN PENGETAHUAN DENGAN KEBIASAAN MEMBACA LABEL PRODUK PANGAN KEMASAN PADA KONSUMEN DI MINIMARKET KOTA BENGKULU. Skripsi thesis, Universitas Perintis Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI YOLANDA 2120273091 JASUS S1 GIZI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL YOLANDA 2120273091 JASUS S1 GIZI 2023.pdf

Download (398kB)

Abstract

ABSTRAK Hasil survei Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen (94,3%) di Indonesia mempunyai kebiasaan membaca label produk pangan kemasan yang masih sangat rendah. Dari survei yang telah di lakukan pada tahun 2022 di Minimarket Kota Bengkulu diketahui 70% konsumen mempunyai pengetahuan dan kebiasaan membaca label produk pangan kemasan pada konsumen masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Karakteristik Individu dan Pengetahuan Dengan Kebiasaan Membaca Label Produk Pangan Kemasan Pada Konsumen Di Minimarket Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel di ambil dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 97 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Data karakteristik individu, pengetahuan dan kebiasaan membaca label diketahui dengan daftar pertanyaan menggunakan alat bantu kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 59,8% konsumen jarang membaca label produk pangan kemasan. Jenis zat gizi yang sering dibaca konsumen yaitu lemak 37,1%, mengontrol berat badan adalah salah satu alasan konsumen membaca label produk pangan 14,4%, produk pangan yg sering dibeli konsumen yaitu biskuit 39,2%, sebagian kecil dari konsumen beralasan karena tidak paham/tidak mengerti fungsi label produk pangan kemasan 44,3%. Sebanyak 59,8% konsumen yang membaca label tidak mempengaruhi konsumen untuk memilih suatu produk pangan kemasan. Lebih dari sebagian dari konsumen (60,8%) memiliki tingkat pendidikan rendah, lebih dari sebagian dari konsumen (56,7%) memiliki pengetahuan yang kurang. Tingkat pendidikan dan pengetahuan berhubungan dengan dengan kebiasaan membaca label produk pangan kemasan pada konsumen minimarket di kota Bengkulu (p<0,005). Kata Kunci : Pendidikan, Pengetahuan, Label Produk Pangan Kemasan Daftar Pustaka : 82 (1997-2022)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:05
Last Modified: 24 Apr 2024 03:05
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item