PENGARUH PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK GIZI SEIMBANG PADA WANITA USIA SUBUR PRA NIKAH DI KUA WILAYAH KOTA PARIAMAN TAHUN 2019

Hana Pradita Adrianto, Pradita (2019) PENGARUH PENYULUHAN GIZI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK GIZI SEIMBANG PADA WANITA USIA SUBUR PRA NIKAH DI KUA WILAYAH KOTA PARIAMAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, Stikes Perintis Padang.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masa kehamilan merupakan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), dimana sel-sel otak janin mulai berkembang. Gizi merupakan salah satu penentu dalam perkembangan otak janin dan mempengaruhi kesehatan ibu pada masa kehamilan. Bila seorang wanita kekurangan gizi akan berdampak pada keadaan gizi kurang seperti Kekurangan Energi Kronik dan Anemia serta penurunan fungsi reproduksi. Berdasarkan data dari Global Nutrition Report yang bersumber dari WHO tahun 2014, angka kejadian anemia pada wanita usia subur tahun 2011 dari seluruh Negara di dunia adalah 29%. Pemenuhan asupan gizi berkaitan erat dengan tinggi rendahnya pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan gizi dengan media audio visual terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan praktik gizi seimbang pada wanita usia subur pranikah di KUA wilayah Kota Pariaman pada tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan desain one group pretest-postest yang dilakukan di KUA wilayah Kota Pariaman. Sampel terdiri dari 36 orang calon pengantin wanita. Data pengetahuan, sikap, dan praktik gizi pranikah diperoleh dari kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 38%, peningkatan sikap sebesar 1.9%, dan peningkatan praktik gizi seimbang sebesar 21.9%, sedangkan p-value pengetahuan, sikap dan praktik sebelum dan sesudah intervensi <0.05. Penyuluhan dengan media audio visual dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik tentang gizi pranikah pada wanita usia subur/calon pengantin wanita. Perlu dilakukan pendidikan gizi pranikah bagi wanita usia subur dalam mempersiapkan kehamilannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi
Depositing User: khoirul hanif khoirul hanif
Date Deposited: 04 Sep 2019 02:00
Last Modified: 04 Sep 2019 02:00
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item