Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak pra sekolah di paud lentera Bukittinggi tahun 2017

A.ROSA ARIANTI, A.ROSA ARIANTI (2018) Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak pra sekolah di paud lentera Bukittinggi tahun 2017. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
1. A ROSA ARIANTI.docx

Download (101kB)

Abstract

A. Rosa Arianti (1) ABSTRAK Masalah dalam melatih kemandirian anak perlu dijadikan acuan dalam pendeteksian diantaranya : 10% anak akan mencapai kemampuan pada usia dini, 50% anak akan mencapai kemampuan kemudian,75% anak akan mencapai kemampuan lebih kemudian, 90% anak harus dapat mencapai kemampuan pada batas usia paling lambat masih dalam batas normal 10% anak dimasukkan dalam kategori terlambat apabila belum bisa mencapai kemampuannya. Permasaalahan keterlambatan diakibatkan oleh faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal misalnya anak yang suka dan menikmati jika di bantu orang lain sehingga kemandirian anak tergantung dari pembawaan anak. Faktor eksternal misalnya suatu kebiasaan, masyarakat yang maju hidupnya cendrung mendorong tumbuh nya kemandirian dari pada masyarakat yang sederhana, Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak pra-sekolah di PAUD Lentera Bukittinggi tahun 2017. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasi pendekatan cross sectional. Kemudian data diolah dengan menggunakan uji chi square. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan beberapa pertanyaan. Sampel sebanyak 57 responden. Hasil penelitian menjelaskan sebagian besar 26 (45,6%) responden dengan pendidikan orang tua SMA. lebih dari separoh 34 (59,6%) responden yang pola asuh orang tuanya baik. lebih dari separoh 38 (66,7%) responden kemandirian anak prasekolah yang mandiri. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value = 0,000 (p<α) maka dapat disimpulkan adanya Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak pra-sekolah di PAUD Lentera Bukittinggi tahun 2017. Saran dalam penelitian ini dapat dijadikan bahan informasi dan masukan wahana dalam pembelajaran keperawatan anak, sehingga informasi ini dapat di kembangkan dalam praktek belajar lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:54
Last Modified: 10 Sep 2019 08:54
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item