PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DAN VIDEO ANIMASI GIZI SEIMBANG TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA ANAK SEKOLAH SDN 28 PADANG SARAI

Dhurin, Nada (2024) PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DAN VIDEO ANIMASI GIZI SEIMBANG TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA ANAK SEKOLAH SDN 28 PADANG SARAI. Skripsi thesis, Universitas Perintis Indonesia.

[img] Text
skripsi nada fixx -2020272011.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover,Abstrak, Bab 1 dan Bab 5.pdf

Download (475kB)

Abstract

Gizi Seimbang adalah makanan yang sehari-hari dikonsumsi manusia dengan beraneka ragam makananan dan memenuhi kelompok zat gizi dengan porsi yang cukup dan tepat. Prevalensi stunting di Indonesia 21,6% dan di Sumatra Barat Sebesar 25,2% dan di kota Padang Sebesar 19,5%. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh perbandingan media permainan ular tangga dan video animasi Gizi Seimbang terhadap Perubahan pengetahuan dan sikap pada Anak Sekolah SDN 28 Padang Sarai. Metode penelitian Quasi Eksperimental dengan Desain Two group pre-test –post-test dengan menggunakan pre-test dan pos-test perlakuan pada masing - masing kelompok. Waktu Penelitian dimulai pada Januari – Agustus 2024. Dengan sampel penelitian sebanyak 38 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Pengukuran menggunakan lembar kuesioner. Uji statistic adalah Uji Wilcoxon Signed Rank Test karena tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan terjadinya rerata sebelum dan sesudah dilakukan pemerian prndidikan gizi melalui media permainan ular tangga dan video animasi . Uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukan adanya pengaruh pemberian pendidikan gizi menggunakan media permainan ular tangga dan video animasi gizi seimbang terhadap perubahan pengetahuan dan sikap terhadap anak sekolah yaitu (p< 0,05). Sedangkan hasil Uji Mann Whitney didapatkan nilai mean rank media permainan ular tangga yaitu 14,00 dan media video animasi 25,00 (p= 0,00) yang menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan. Dari 2 kelompok media video animasi yang lebih efektif disukai siswa dibandingkan dengan media video permainan ular tangga. Kesimpulan adanya perbedaan perbandingan peningkatan sebelum dan sesudah menggunakan media permainan ular tangga dan video animasi Daftar Bacaan: 2014-2023 Kata Kunci: Gizi Seimbang, Permainan Ular Tangga,Video Animasi, Perubahan Pengetahuan ,Sikap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:40
Last Modified: 10 Jan 2025 03:40
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item