Pengaruh Brain Gym terhadap tingkat kecerdasan emosional pada anak usia prasekolah (4-5 tahun) di paut ceria kasih Nagari Tanjung Betung Kec.Rao Selatan Kab.Pasaman tahun 2016

M. RIZKI RAHMAN, M. RIZKI RAHMAN (2016) Pengaruh Brain Gym terhadap tingkat kecerdasan emosional pada anak usia prasekolah (4-5 tahun) di paut ceria kasih Nagari Tanjung Betung Kec.Rao Selatan Kab.Pasaman tahun 2016. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
07 M.RIZKI RAHMAN.docx

Download (681kB)

Abstract

M. RIZKI RAHMAN (7)NIM. 14103084105069 ABSTRAK Kecerdasan emosional pada anak adalah bekal terpenting dalam menentukan karakteristik dan perkembangan mental anak. Di Indonesia pada tahun 1995 diketahui bahwa angka kejadian gangguan metal dan emosional anak usia 5 – 14 tahun mencapai angka 114 per 1000 anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brain Gym Terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Prasekolah (4 – 5 tahun) di PAUD Ceria Kasih Nagari Tanjung Betung Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman tahun 2015-2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pre test-post test one group design. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia praseklah di PAUD Ceria Kasih yaitu sebanyak 19 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 11 orang. Pengumpulan menggunakan lembar observasi pres dan post test. Pengolahan data hasil penelitian meliputi analisis univariat dan analisis bivariat yang dilakukan secara komputerisasi menggunakan uji t- dependent test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi rata-rata tingkat kecerdasan emosional anak berada pada kategori rendah yaitu 42,18 dan setelah intervensi meningkat menjadi 47,27 yang berada pada kategori tinggi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata tingkat kecerdasan emosional anak antara sebelum dan sesudah intervensi dengan beda rata-rata 5,099 dan p = 0,000. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Brain Gym berpengaruh terhadap peningkatan tingkat kecerdasan emosional anak usia prasekolah (4-5 5ahun). Untuk itu diharapkan kepada semua pihak, baik orang tua atau organisasi pengasuh anak usia pra sekolah untuk dapat mempraktekkan latihan gerakan Brain Gym kepada anak usia pra sekolah dalam rangka memaksimalkan perkembangan tingkat kecerdasan emosional anak. Kata Kunci : Brain Gym, Kecerdasan Emosional, Anak Usia Prasekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 11 Sep 2019 08:12
Last Modified: 14 Feb 2020 04:10
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item