Hubungan lama waktu tunggu dan kejelasan informasi dengan kepuasan pasien dasn keluarga di instalasi gawat darurat RSAM Bukittinggi tahun 2016

RIYANTI, RIYANTI (2016) Hubungan lama waktu tunggu dan kejelasan informasi dengan kepuasan pasien dasn keluarga di instalasi gawat darurat RSAM Bukittinggi tahun 2016. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
15 RIYANTI.doc

Download (347kB)

Abstract

Riyanti (15) 13103084105051 ABSTRAK Pelayanan pasien gawat darurat adalah pelayanan yang memerlukan pertolongan segera yaitu cepat, tepat dan cermat untuk mencegah kematian dan kecacatan. Hasil survey kepuasan pasien yang dilakukan oleh kerjasama FKM-Unand dengan RSAM Bukittinggi, terhadap pelayanan di Ruang IGD RSUD Achmad Mochtar hanya mencapai 77,2 % pada tahun 2014, yang berada dibawah standar minimal kepuasan pasien IGD yaitu > 90 %. Survey awal terhadap 5 orang pasien yang berkunjung di IGD diperoleh informasi bahwa 3 orang diantaranya sudah cukup lama (lebih dari 5 menit) tiba di IGD, 4 orang diantara pasien tersebut menyatakan bahwa tidak mendapatkan kejelasan informasi tentang waktu tunggu untuk mendapatkan tindakan selanjutnya. Secara umum juga diketahui, bahwa 3 diantara pasien tersebut merasa kurang puas dengan pelayanan kesehatan di IGD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama waktu tunggu dan kejelasan informasi dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD DR. Achmad Mochtar Bukittinggi tahun 2015. Metode penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh pasien yang berkunjung ke Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi, dengan jumlah rata-rata 50 orang per hari. Sampel diambil secara accidental sampling, sebanyak 50 orang. Pengolahan dan analisa data dilakukan secara komputerisasi. Hasil analisa univariat diketahui 60 % responden menyatakan kurang puas, (52,0 %) menyatakan waktu tunggu tidak lama, dan 54,0 % menyatakan kejelasan informasi baik. Hasil analisa bivariat ada hubungan lama waktu tunggu dengan kepuasan pasien (p = 0,018 dan OR = 5,182, dan ada hubungan kejelasan informasi dengan kepuasan pasien (p = 0,032 dan OR = 4,500) Disimpulkan bahwa ada hubungan lama waktu tunggu dan kejelasan informasi dengan kepuasan pasien IGD. Diharapkan pada pihak rumah sakit agar dapat menambah tenaga perawat yang memiliki sertifikat sebagai perawat gawat darurat agar pasien yang berkunjung ke IGD dapat ditangani dengan cepat serta bisa memberikan penjelasan yang sesuai SOP dengan sikap yang baik pada pasien, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pasien. Daftar Bacaan : 21 (2000 – 2014) Kata kunci : Kejelasan Informasi, Kepuasan Pasien, Lama Waktu Tunggu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:09
Last Modified: 12 Sep 2019 03:10
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item