MARLENI, MARLENI (2022) Hubungan pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap puskesmas Air Haji tahun 2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA.
Text
22. MARLENI manuskrip.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
22. MARLENI plagiat.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
22.. MARLENI skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
22.MARLENI: 2020243077 ABSTRAK Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien mencerminkan penilaian pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diterima, yang diukur dengan membandingkan harapan mereka terhadap pelayanan dengan apa yang mereka alami secara nyata. Di Puskesmas, kualitas pelayanan yang diberikan oleh perawat adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi tingkat kepuasan pasien. Oleh karena itu, perawat harus memberikan perawatan yang berkualitas untuk meningkatkan kepuasan pasien dan harus mampu memberikan pelayanan perawatan terbaik kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara pelayanan keperawatan dan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Puskesmas Air Haji. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dilaksanakan di ruang rawat inap Puskesmas Air Haji. Responden dalam penelitian ini berjumlah 56 orang, yang dipilih secara acak menggunakan teknik Random Sampling. Analisis data melibatkan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 60,7% responden merasa tidak puas ketika berada di kamar pasien. Namun, sebanyak 57,1% responden menyatakan bahwa pelayanan keperawatan di ruang pasien Puskesmas Air Haji memiliki kualitas yang baik, sedangkan hanya 42,9% yang menganggap pelayanan tersebut kurang berkualitas. Secara statistik, hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan keperawatan dan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap, dengan nilai p-value sebesar 0,000 (kurang dari 0,05). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan medis yang diberikan memiliki dampak yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Puskesmas Air Haji. Oleh karena itu, diharapkan Puskesmas Air Haji, khususnya puskesmas lainnya, terus meningkatkan kualitas pelayanan medis dan juga perhatian terhadap kebutuhan pasien di ruang rawat inap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | lena lena |
Date Deposited: | 19 Jan 2025 15:00 |
Last Modified: | 19 Jan 2025 15:01 |
URI: | http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/3922 |
Actions (login required)
View Item |