Hubungan perilaku carring petugas ruangan dengan kepuasan pasien cuci darah di ruangan hemodialisa RSUD Dr Adnan WD Payakumbuh

MUHAMMAD IKHSAN, MUHAMMAD IKHSAN (2021) Hubungan perilaku carring petugas ruangan dengan kepuasan pasien cuci darah di ruangan hemodialisa RSUD Dr Adnan WD Payakumbuh. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA.

[img] Text
41. MUHAMMAD IKHSAN MANUSKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
41. MUHAMMAD IKHSAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)

Abstract

41.MUHAMMAD IKHSAN: 1914201333 ABSTRAK Rasa ketidakpuasan pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor caring perawat merupakan hal yang sangat berperan penting terhadap tingkat kepuasan pasien. Caring perawat merupakan suatu cara pendekatan yang dinamis, dimana perawat bekerja untuk lebih meningkatkan kepeduliannya kepada pasien demi memenuhi kebutuhan dasar pasien, sehingga kepuasan dapat tercapai. Kepedulian dapat dilihat melalui sikap dan tindakan yang menjadi ciri khas perilaku. Sebagai pelayanan kesehatan, caring sangat penting bagi pasien. Kepuasan pasien adalah indikator mutu jaminan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan perilaku caring petugas ruangan dengan kepuasan pasien cuci darah diruangan Hemodialisa RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode croos sectional dengan uji chi square dimana tiap subjek penelitian hanya diobservasi sekali saja dan pengukuran dilakukan terhadap status karakter atau variabel subjek pada saat pemeriksaan. Instrumen untuk pengambilan data dilakukan dengan mengunakan kuesioner dimana untuk penilaian perilaku caring perawat dipersepsikan oleh semua responden yang merupakan pasien cuci darah di ruangan Hemodialisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi perilaku caring perawat yang meliputi 5 dimensi (assurance of human presence dengan pvalue = 0.002, respectful deference dengan pvalue = 0.001, professional knowledge and skill dengan pvalue = 0.001, positive connectedness dengan pvalue = 0.001 dan attentive to other’s experience dengan pvalue = 0.000) secara berhubungan signifikan berhubungan dengan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 19 Jan 2025 23:15
Last Modified: 19 Jan 2025 23:16
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/3928

Actions (login required)

View Item View Item