Hubungan budaya organisasi dengan kepuasan pasien rawat inap interne pria dan wanita RSAM Bukittinggi tahun 2016

EMIL WAHYU ANDRIA, EMIL WAHYU ANDRIA (2016) Hubungan budaya organisasi dengan kepuasan pasien rawat inap interne pria dan wanita RSAM Bukittinggi tahun 2016. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
31 EMIL WAHYU ANDRIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

EMIL WAHYU ANDRIA (31) 12103084105013 ABSTRAK Berdasarkan laporan Rekam Medik RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi (2016) yang penulis dapatkan, jumlah pasien yang terbanyak dirawat adalah di ruang interne. Selama tahun 2014 terdapat 2.621 pasien yang dirawat, dan pada tahun 2015 mengalami peningkatan menjadi 3.697 pasien. Tujuannya untuk mengetahui hubungan budaya organisasi dengan kepuasan pasien rawat inap interne pria dan wanita RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi tahun 2016. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 orang. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 11 Juli 2016 sampai 16 Juli 2016 di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan desain cross sectional, kemudian data diolah dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil uji statistik didapatkan p value 0,027 dapat disimpulkan adanya hubungan antara tulus tepat janji perawat dengan kepuasan pasien. Nilai p value 0,027 dapat disimpulkan adanya hubungan antara empati perawat dengan kepuasan pasien. Nilai p value 0,006 dapat disimpulkan adanya hubungan antara responsibiliti perawat dengan kepuasan pasien. Nilai p value 0,006 dapat disimpulkan adanya hubungan antara bijak perawat dengan kepuasan pasien. Nilai p value 0,008 dapat disimpulkan adanya hubungan antara adil perawat dengan kepuasan pasien. Nilai p value 0,003 dapat disimpulkan adanya hubungan antara integritas perawat dengan kepuasan pasien. Nilai p value 0,000 dapat disimpulkan adanya hubungan antara kebersamaan perawat dengan kepuasan pasien. Untuk itu, dalam bidang keperawatan diperlukan peningkatan serta pengembangan sumber daya perawat tentang makna dari budaya organisasi terutama perawat diruangan interne pria dan wanita melalui cara bersikap atau perilaku seorang perawat terhadap pasien ataupun keluarga pasien, dan setiap bulannya dilakukan evaluasi kepuasan pasien terhadap kinerja perawat serta diperlukan adanya reward dan punishment bagi perawat yang memiliki kinerja yang baik. Kata kunci : Budaya Organisasi, Kepuasan Pasien Daftar bacaan : 22 (2000-2014)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:12
Last Modified: 13 Sep 2019 03:13
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item