EFEKTIFITAS PENGHIRUPAN UAP PANAS TERHADAP BATUK EFEKTIF PADA PASIEN PPOK DI RUANG PARU RSUD Dr. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI TAHUN 2015

HASNAH YANTI, HASNAH YANTI (2015) EFEKTIFITAS PENGHIRUPAN UAP PANAS TERHADAP BATUK EFEKTIF PADA PASIEN PPOK DI RUANG PARU RSUD Dr. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI TAHUN 2015. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
39 HASNAH YANTI.docx

Download (692kB)

Abstract

HASNAH YANTI :11103084105022 (39) 1.1 Latar Belakang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan sebagai suatu keadaan kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang lengkap dan semata-mata bukan hanya bebas dari penyakit dan kelemahan. Definisi kesehatan semacam ini tidak memberikan kesempatan adanya variasi dalam tingkat kesejahteraan atau penyakit. Disisi lain, konsep kontinuitas sehat-sakit memberikan rentang yang lebih besar dalam menggambarkan status kesehatan seseorang. Model kontinuitas sehat-sakit memungkinkan untuk melihat seseorang yang secara simultan mempunyai tingkat baik sehat maupun sakit (Smeltzer: 2001). Penyakit paru obstruksi kronik adalah istilah yang disadari kurang tepat dan digunakan untuk mencirikan suatu proses yang ditandai oleh adanya bronkitis kronik atau emfisema yang dapat menyebabkan terjadinya obstruksi jalan napas. PPOK mengenai lebih dari 10 juta orang di Amerika Serikat. Bronkitis kronik adalah diagnosisnya pada sekitar 75% kasus dan emfisema pada sisanya. Insidens, prevalensi, dan angka kematian PPOK meningkat seiring pertambahan usia dan lebih tinggi pada pria, orang berkulit putih, dan golongan sosioekonomi lemah. Merokok masih menjadi kausa utama penyakit yang hampir 90% pasien dengan bronkitis kronik dan emfisema. Namun, hanya 10-15% perokok mengalami PPOK. Penyebab perbedaan pada kerentanan penyakit ini belum diketahui tetapi mungkin mencakup faktor genetik (McPhee: 2010).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:12
Last Modified: 23 Sep 2019 07:13
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item