Hubungan sikap dan motivasi denga penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada keluarga di wilayah kerja puskesmas Gulai Bnacah kota Bukittinggi tahun 2018

BELLA ANDINI, BELLA ANDINI (2018) Hubungan sikap dan motivasi denga penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada keluarga di wilayah kerja puskesmas Gulai Bnacah kota Bukittinggi tahun 2018. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
03 BELLA ANDINI.pdf

Download (932kB)

Abstract

BELLA ANDINI (3) Latar belakang: berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh puskesmas pada tahun 2016 dari target 380 rumah tangga didapatkan hasil 201 rumah tangga yang ber-PHBS, dan berdasarkan data yang didapat dari DKK kota bukittinggi puskesmas Gulai Bancah 50,8% melakukan PHBS. Tujuan : tujuan ini bertujuan untuk melihat hubungan sikap dan motivasi dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada keluarga di wilayah kerja puskesmas gulai bancah kota bukittinggi tahun 2018. Desain penelitian ini adalah deskriptif kolerasi dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 94 orang responden dengan kriteria sample yang telah ditetapkan . penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan keluarga yang memiliki sikap baik (63,8%), motivasi yang tingggi (69,1%), dan PHBS baik (60,6%). Ada hubungan sikap (P=0,002) OR=4.442 dan Motivasi (P=0.001) OR=4.961 dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada keluarga diwilayah kerja puskesmas Gulai Bancah Kota Bukittinggi Tahun 2018. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa lebih dari separoh keluarga memiliki sikap yang baik dan motivasi yang tinggi dan lebih dari sepaorh keluarga ber-PHBS baik.hasil ini menunjukkan adanya hubungan antara sikap dan motivasi dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Disarankan kepada institusi kesehatan untuk lebih menigkatkan upaya promosi kesehatan kepada masyarakat sehubungan engan penerapan PHBS. Sehingga dapat menigkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:04
Last Modified: 10 Sep 2019 02:45
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item