Pengaruh Terapi Okupasi Bina Diri Terhadap Kemandirian Pada anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Al-Azra'iyah Tabek Panjang Kec. Payakumbuh Tahun

ESA PUTRI NABELLA, ESA PUTRI NABELLA (2018) Pengaruh Terapi Okupasi Bina Diri Terhadap Kemandirian Pada anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Al-Azra'iyah Tabek Panjang Kec. Payakumbuh Tahun. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
04 ESA PUTRI NABELA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ESA PUTRI NABELLA (4) Sekolah Luar Biasa Al-azra’iyah merupakan salah satu sekolah luar biasa yang ada di Kota Payakumbuh yang memberikan pendidikan dan asuhan kepada 37 orang anak tuna grahita. Sekolah Luar Biasa Al-azra’iyah telah memberikan terapi bina diri untuk meningkatkan keterampilan baik motorik maupun kognitif bagi anak tuna grahita, namun Sekolah Luar Biasa Al-azra’iyah belum pernah menerapkan teknik terapi okupasi yang memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan jenis terapi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi okupasi bina diri terhadap kemandirian anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Al-azra’iyah. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan pre test-post test one group design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Sehingga didapatkan sampel sebanyak 13 orang anak tunagrahita sedang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi tingkat kemandirian anak yang diukur sebelum dan sesudah intervensi dan dianalisis menggunakan uji t- dependent test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi rata-rata tingkat kemandirian anak adalah 85,92 dan setelah intervensi meningkat menjadi 144,38 yang berada pada kategori tinggi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata tingkat kemandirian anak tunagrahita antara sebelum dan sesudah intervensi dengan beda rata-rata 58,46 dan p = 0,000. Penerapan terapi okupasi binadiri berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemandirian anak tunagrahita sedang. Diharapkan pihak sekolah menerapakan teknik terapi okupasi di sekolah secara terus-menerus demi meningkatkan kemandirian pada anak tunagrahita.. Kata Kunci : Kemandirian,Terapi Okupasi Bina Diri, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 19 Nov 2018 04:03
Last Modified: 10 Sep 2019 02:44
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item