Pengaruh penggunaan terapi jus pepaya dalam penurunan tekanan darah tinggi pasien hipertensi di nagari luak kapau wilker puskesmas Pekan Selasa tahun 2013

AFRINALDI YUSDI, AFRINALDI YUSDI (2013) Pengaruh penggunaan terapi jus pepaya dalam penurunan tekanan darah tinggi pasien hipertensi di nagari luak kapau wilker puskesmas Pekan Selasa tahun 2013. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
13 AFRINALDI YUSDI.docx

Download (179kB)

Abstract

AFRINALDI YUSDI (13) ABSTRAK Hipertensi merupakan penyebab nomor satu diantara 7 kematian didunia. Di Indonesia prevalensi penyakit hipertensi 15% dari total penduduk. Di Sumatra Barat prevalensi penyakit hipertensi 31,2% dari total penduduk. Di Solok Selatan penderita hipertensi tahun 2012 berjumlah 4.603 orang. Di Nagari Luak Kapau pasien hipertensi dari Januari sampai Agustus 2013 sebanyak 95 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh terapi jus pepaya terhadap penurunan tekanan darah pasien hipertensi di Nagari Luak Kapau Wilayah Keraja Puskesmas Pekan Selasa. Desain penelitian ini adalah study kohort dengan metode pendekatan time period approach. Sampel 12 orang pasien hipertensi stadium I dan II, dibagi dua kelompok, 6 orang kelompok perlakuan dan 6 orang kontrol. Jenis perlakuan adalah pemberian terapi jus pepaya selama 7 hari. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan pengukuran langsung. Pengolahan data yaitu editing, coding, entry, dan cleaning. Analisa univariat menggunakan nilai mean. Analisa bivariat menggunakan uji T-test batas kemaknaan 0,05. Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata tekanan darah sistolik responden sebelum diberikan jus pepaya 153,33 mmHg, diastolik 99,17 mmHg. Rata-rata tekanan darah sistolik setelah diberikan jus pepaya pada hari ketujuh 121,67 mmHg, diastolik 80,33 mmHg. Semua yaitu 100% responden yang diberi jus pepaya mengalami penurunan tekanan darah pada hari ketujuh. Secara statistik dapat disimpulkan ada pengaruh Penggunaan terapi jus pepaya dalam menurunkan tekanan darah pasien hipertensi dengan ρ- value 0,000 < 0,05. Diharapkan kepada kepala Puskesmas Pekan Selasa untuk dapat memberikan informasi tentang terapi jus pepaya sebagai salah satu pengobatan alternatif yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah pasien hipertensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:28
Last Modified: 26 Sep 2019 04:29
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item