faktor-faktor yang berhubungan dengan stres kerja perawat diruangan instalasi gawat darurat RSUD Dr.adnan wd payakumbuh tahun.2013

Aulia Putri Utami, Aulia Putri Utami (2013) faktor-faktor yang berhubungan dengan stres kerja perawat diruangan instalasi gawat darurat RSUD Dr.adnan wd payakumbuh tahun.2013. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
16 AULIA PUTRI UTAMI.docx

Download (114kB)

Abstract

Aulia Putri Utami NIM : 09103084105362 (16) ABSTRAK Anoraga (2001, h 108) menyebutkan bahwa stress merupakan bentuk tanggapan seseorang, baik secara fisik maupun mental, terhadap suatu perubahan di lingkungannya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam. Perawat memliki kemungkinan yang sangat luas kaitannya dengan stres kerja seperti dampak dari tuntutan tingkat skill tertentu yang tinggi, tim kerja dengan profesi dan situasi yang bervariasi, pelayanan keperawatan 24 jam, input yang memancing emosional (Philips, 1996; Frenc et al 2001). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor internal dan faktor eksternal dengan stres kerja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan September 2013, pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar kuesioner. Adapun populasi penelitian ini adalah keseluruhan perawat yang berada di ruang IGD berjumlah 28 orang teknik sample total sampling dan diuji dengan menggunakan uji statistik chi square dengan α 5%. Dari hasil penelitian didapatkan lebih dari separoh responden yang dipengaruhi faktor internal baik sebanyak 15 orang (53,6), separoh dari responden yang dipengaruhi factor eksternal kurang baik sebanyak 14 orang (50,0), dan lebih dari separoh responden yang mengalami stress kerja ringan sebanyak15 orang (53,6). Dari hasil analisa terlihat bahwa Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara faktor internal dengan stress kerja dan ada hubungan antara faktor eksternal dengan stres kerja di Instlasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2013 (p = 0,003 dan p = 0,008). Saran peneliti seharusnya perawat tidak diberi beban pikiran terhadap pekerjaan, atasan harus memberikan motivasi dan suport terhadapat perawat yang bekerja dan memberikan penghargaan terhadap perawat yang bekerja dengan giat dan untuk penelitian selanjutnya untuk bisa menambahkan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan stres kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:33
Last Modified: 26 Sep 2019 04:33
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item