Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku tempelantrum pada anak pra seklah di Tk Kasih ibu jorong bomas kec.sungai pagu kab.solk selatan tahun 2013

Aulia Siska Prima Zola, Aulia Siska Prima Zola (2013) Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku tempelantrum pada anak pra seklah di Tk Kasih ibu jorong bomas kec.sungai pagu kab.solk selatan tahun 2013. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
17 AULIA SISKA PRIMA ZOLA.doc

Download (398kB)

Abstract

Aulia Siska Prima Zola 09103084105487 (17) ABSTRAK Tempertantrum adalah luapan kemarahan,kesalahan dan luapan emosi yang meledak-ledak yang tidak terkontrol sering sekali muncul pada anak usia 3 sampai 6 tahun (Zaviera,2008). Di Indonesia 83% anak-anak usia 3 - 4 tahun mengalami tempertantrum. Berdasarkan data TK Kasih Ibu didapatkan 55% murid yang berperilaku Tempertantrum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku Tempertantrum pada anak pra-sekolah di TK Kasih Ibu Jorong Bomas Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2013. Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitik dengan menggunakan pendekatan crossectional study yaitu variabel independen dan dependen diambil dalam waktu bersamaan. Dimana data di olah dengan menggunakan komputerisasi memakai alpha = 0,05, Jumlah sampel sebanyak 36 orang dengan menggunakan tekhnik total sampling . Hasil penelitian didapatkan lebih dari separoh responden yaitu 61,1% yang memiliki pola asuh kurang baik pada anak pra-sekolah, lebih dari separoh yaitu 55,6% responden memiliki anak pra-sekolah dengan perilaku tempertantrum yang tidak terkontrol di TK Kasih Ibu. Berdasarkan uji statistik didapatkan p Value = 0,003 < 0,05 artinya Ha diterima dapat dinyatakan ada hubungan yang bermakna dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan perilaku tempertantrum pada anak pra-sekolah. Kesimpulan bahwa dari pola asuh orang tua yang kurang baik sangat berpengaruh terhadap terjadinya perilaku Tempertantrum pada anak pra-sekolah, diharapkan kepada orang tua untuk menambah informasi tentang tumbuh kembang anak dan pola pengasuhan yang baik pada anak dan untuk peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku Tempertantrum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:38
Last Modified: 26 Sep 2019 04:39
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item