Hubungan pengetahuan dan sikap klien dengan pencegahan ulkus diabetik pada pasien diabetes melitus di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD SOLSEL tahun 2013

CITRA MUTYA, CITRA MUTYA (2013) Hubungan pengetahuan dan sikap klien dengan pencegahan ulkus diabetik pada pasien diabetes melitus di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD SOLSEL tahun 2013. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
25 CITRA MUTIA.docx

Download (212kB)

Abstract

CITRA MUTYA NIM : 12103084105067(25) ABSTRAK Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa dalam darah yang melebihi batas normal. Penyakit DM ini apabila tidak mendapatkan perawatan yang baik akan menyebabkan berbagai komplikasi baik akut maupun kronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap klien dengan pencegahan ulkus diabetik pada pasien diabetes melitus (DM). Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelatif melalui pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah penderita diabetes melitus, teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling, dan instrument penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan di ruangan Rawat Inap Penyakit Dalam dengan jumlah sampel 31 responden. Uji yang digunakan adalah uji Chi Square. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa sebagian besar pengetahuan pasien DM mengenai pencegahan ulkus diabetik dikategori tinggi sebesar (51,6%), sebagian besar sikap pasien DM mengenai pencegahan ulkus diabetik dikategori mendukung sebesar (48,4%), sebagian besar tindakan pencegahan pasien DM mengenai pencegahan ulkus diabetik di kategori baik sebesar (58,1%) dan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap dengan pencegahan ulkus diabetik pada pasien DM di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Solok Selatan tahun 2013 dengan nilai p value 0,019 yang berarti < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kepada perawat dapat memberikan penyuluhan terhadap pasien diabetes untuk mencegah dan meminimalkan terjadinya ulkus diabetik salah satunya dengan menyediakan leaflet untuk perawatan kaki diabetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:32
Last Modified: 26 Sep 2019 06:34
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item