Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian keluhan-keluhan pneumonia pada anak usia taddler di pustu koto gadang wilayah kerja puskesmas baso kab.Agam tahun 2013

DIEGO PRIMADANA, DIEGO PRIMADANA (2013) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian keluhan-keluhan pneumonia pada anak usia taddler di pustu koto gadang wilayah kerja puskesmas baso kab.Agam tahun 2013. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
34 DIEGO PRIMADANA.docx

Download (118kB)

Abstract

DIEGO PRIMADANA NIM. 09103084105376 (34) ABSTRAK Dispepsia merupakan kumpulan gejala berupa keluhan nyeri,perasaan tidak enak perut bagian atas yang menetap atau episodik disertai dengan keluhan seperti rasa penuh saat makan, cepat kenyang, hati terbakar, kembung, sendawa, anoreksia, mual, muntah. Penelitian yang dilakukan Annisa pada lansia di poli interne rumah sakit Mitra Sejati Sumatera Utara, didapat angka kejadian sindrom dispepsia sebesar 64,4 % dengan jenis keluhan terbanyak adalah nyeri epigastrium sebanyak 50,1 % dan keluhan yang paling sedikit adalah muntah sebanyak 6,8 %. Angka ini tergolong cukup besar, dan dapat dikatakan bahwa hampir semua atau sebagian besar lansia di poli interne rumah sakit Mitra Sumatera Utara Sejati mengalami sindrom dispepsia. Penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif korelasi, dimana teknik sampling yang di gunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling, dimana pengambilan sampel berdasarkan individu yang melalui pertimbangan yang diyakini mewakili semua populasi yang ada. Jumlah sampel dalam penelitian 83 orang pengambilan data dengan menggunkan kuisioner. Hasil penelitian ini diketahui bahwa dari 83 responden 69 ( 83.1% ) lansia dengan sindroma dispepsia berhubungan dengan makanan di poli interne RSUD Dr.Achmad Mocthar Bukittinggi Tahun 2013. Diketahui bahwa dari 83 responden 48 ( 58.7% ) lansia dengan sindroma dispepsia berhubungan dengan stres di poli interne RSUD Dr.Achmad Mocthar Bukittinggi Tahun 2013. Diketahui bahwa dari 83 responden 67 ( 80.7% ) lansia dengan sindroma dispepsia terjadi di poli interne RSUD Dr.Achmad Mocthar Bukittinggi Tahun 2013. Diharapkan pada peneliti selanjutnya hendaknya dapat melakukan penelitian yang lebih lanjut tentang factor - faktor yang berhubungan dengan sindroma dyspepsia pada lansia untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan diharapkan kepada peneliti lain untuk dapat meneruskan penelitian ini untuk dapat meneruskan ini secara spesifik dengan variable dan desain berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 26 Sep 2019 07:18
Last Modified: 26 Sep 2019 07:24
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item