HUBUNGAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI PADA PRA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2019

HUMIZA WULANDARI, humiza (2019) HUBUNGAN POLA MAKAN DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI PADA PRA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG TAHUN 2019. Skripsi thesis, Stikes Perintis Padang.

[img] Text
KTI Lengkap REVISI 9102019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyakit tidak menular yang menjadi urutan teratas dalam memicu kematian disebut juga dengan “Silent Killer” adalah Hipertensi. Pemicu penyakit satu ini adalah pola makan dan aktifitas fisik yang kurang di pahami oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola makan dan aktifitas fisik terhadap kejadian hipertensi pada pra lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang. Desain penelitian ini adalah cross sectional study dengan pola makan dan aktifitas fisik sebagai variabel indenpenden dan kejadian hipertensi sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 46 orang yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar kejadian hipertensi memiliki persentase 78,3%. Pola makan dengan asupan natrium terbanyak adalah 33 responden (71,7%) serta asupan lemak terbanyak adalah 32 responden (69,6%) sedangkan aktifitas fisik ringan sebanyak 30 responden (65,2%). Hasil analisis hubungan pola makan asupan natrium dengan kejadian hipertensi (p=0,004) serta asupan lemak dengan kejadian hipertensi (p=0,001) dan hubungan aktifitas fisik dengan kejadian hipertensi (p=0,003). Kesimpulan bahwa terdapat hubungan bermakna antara pola makan dan aktifitas fisik dengan kejadian hipertensi pada pra lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang. Diharapkan agar petugas kesehatan mampu memberikan motivasi kepada masyarakat dalam pencegahan dan penanganan hipertensi dengan melakukan pemeriksaan rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Gizi
Depositing User: khoirul hanif khoirul hanif
Date Deposited: 29 Nov 2019 01:46
Last Modified: 29 Nov 2019 01:46
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item