HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT YANG DIPERSEPSIKAN KELUARGA PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD DR. ADNAAN WD PAYAKUMBUH TAHUN 2019

RINI HANDAYANI, RINI HANDAYANI (2019) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT YANG DIPERSEPSIKAN KELUARGA PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD DR. ADNAAN WD PAYAKUMBUH TAHUN 2019. Skripsi thesis, stikes perintis padang.

[img] Text
24 RINI HANDAYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

RINI HANDAYANI nim : 1514201029 (24) ABSTRAK Komunikasi terapeutik merupakan salah satu upaya meningkatkan kepuasan pasien anak dan keluarga dengan menerapkan komunikasi terapeutik perawat selama pasien anak di rawat di rumah sakit. Kenyataan di Rumah Sakit masih banyak perawat yang belum melakukan komunikasi terapeutik dengan baik pada pasien saat melakukan tindakan. Sehingga, keluarga pasien merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat yang di persepsikan keluarga pasien dengan tingkat kepuasan di Ruang Rawat Inap Anak RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan desain cross sectional study, tekhnik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2019 sebanyak 67 keluarga pasien. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kusioner, analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa lebih dari separoh yaitu sebanyak 39 (58,2%) perawat menggunakan komunikasi terapeutik dengan baik dan sebagian besar tingkat kepuasan keluarga pasien yaitu sebanyak 44 (65,7%) keluarga pasien menyatakan puas dengan komunikasi terapeutik perawat. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan komunikasi terapeutik perawat yang di persepsikan keluarga pasien tingkat kepuasan (p = 0,002) dan OR (Odds ratio) = 6.095. artinya keluarga pasien yang mempersepsikan komunikasi terapeutik perawat kategori baik berpeluang sebesar 6.095 kali untuk mendapatkan kepuasan keluarga pasien kategori puas dibadingkan dengan keluarga pasien yang mempersepsikan komunikasi terapeutik perawat kategori kurang baik. Diharapkan pada perawat agar menerapkan komunikasi terapeutik kepada semua pasien yang mendapatkan asuhan keperawatan sesuai SOP. Kata kunci : kepuasan keluarga pasien,komunikasi terapeuti,perawat. sumber : 34 (2002-2019)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 02 Jan 2020 11:45
Last Modified: 03 Jan 2020 04:01
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item