Asuhan keperawatan pada keluarga Bapak S khususnya pada bapak s dengan hipertensi dalam pemberian terapi komplementer: perasan labu siam untuk menurunkan tekanan darah di Jorong Koto Gadang Kec.Baso Kab.Agam tahun 2019

ESA PUTRI NABELLA, ESA PUTRI NABELLA and Yendrizal Jafri, S.Kp, M.Biomed, Yendrizal Jafri, S.Kp, M.Biomed and Nr.Vera Sesrianti, M.Kep, Nr.Vera Sesrianti, M.Kep (2019) Asuhan keperawatan pada keluarga Bapak S khususnya pada bapak s dengan hipertensi dalam pemberian terapi komplementer: perasan labu siam untuk menurunkan tekanan darah di Jorong Koto Gadang Kec.Baso Kab.Agam tahun 2019. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
4 ESA PUTRI NABELLA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ESA PUTRI NABELLA: 1814901598 (4)Yendrizal Jafri, S.Kp, M.Biomed Nr.Vera Sesrianti, M.Kep ABSTRAK Hipertensi adalah keadaan seseorang yang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal sehingga mengakibatkan peningkatan angga morbiditas maupun mortalitas. penatalaksaan pada hipertensi ini yang dilakukan adalah dengan menggunakan terapi komplementer: persan labu siam yang bertujuan untuk menurunkan tekanan darah. Tujuannya untuk menganalisa hasil implementasi asuhan keperawatan dengan intervensi pemberian terapi komplementer: perasan labu siam pada lansia terhadap penurunan tekanan darah. Metode dalam penulisan Karya Ilmiah Akhir Ners ini berupa studi kasus yang diambil saat praktekkomunitas di Jorong Koto Gadang Kecamatan Baso Kabupaten Agam dengan melakukan asuhan keperawatan selama 7 hari. Hasil yang didapatkan setelah melakukan intervensi terdapat adanya penurunan tekanan darah selama pemberian terapi komplementer: Perasan Labu siam pada lansia dengan hipertensi. Terjadi penurunan tekanan darah setelah dilakukan terapi komplementer: parutan labu siam dari sebelum tekanan darah 150/90 mmHg setelah tekanan darah menjadi 130/70 mmHg . Disimpulkan ada pengaruh yang signifikan terhadap pemberian terapi komplementer:parutan labu siam pada lansia yang mengalami hipertensi. Disarankan pada keluarga agar bisa menerapkan intervensi terapi komplementer: perutan labu siam selain obat farmakologi dan non farmakologi yang telah di lakukan oleh pelayanan kesehatan. Kata Kunci : Hipertensi, Terapi Komplementer: Parutan Labu Siam, Penurunan Tekanan Darah Daftar Pustaka : 24 (2006-2018)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 29 Jan 2020 09:24
Last Modified: 29 Jan 2020 09:25
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item