Hubungan pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSSN Bukittinggi tahun 2016

RESSY NORIA, RESSY NORIA (2016) Hubungan pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSSN Bukittinggi tahun 2016. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
13 RESSY NORIA.docx

Download (239kB)

Abstract

RESSY NORIA (13) NIM: 14103084105058 Ressy Noria Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di IRNA B RSSN Bukittinggi Tahun 2016 vi+60 halaman+7 tabel+13 lampiran ABSTRAK Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dari keberhasilan pelayanan kesehatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan keperawatan, sebagai tenagakesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien. ada 5 aspek yang termasuk dalam pelayanan keperawatan yaitu perhatian, penerimaan, komunikasi, kerjasama, dan tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di IRNA B RSSN Bukittinggi Tahun 2016. Penelitian ini bersifat deskripitif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh pasien yang di rawat di irna b rssn bukittinggi dengan jumlah pasien dirawat rata-rata 173 orang. Sampel sebanyak 64 orang, yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan sitem komputerisasi dengan program spss 15 dalam bentuk uji chi square. Hasil penelitian didapatkan, lebih dari sebagian responden (73,4%) menyatakan pelayanan keperawatan pada kategori cukup baik, sebagian besar (78,1%) responden menyatakan tingkat kepuasan pada kategori puas. Hasil uji statisitik diperoleh ada hubungan Antara Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien. (p=0,000). Kesimpulan dari hasil penelitian disarankan kepada manajemen rumah sakit agar dapat melaksanakan evaluasi rutin terhadap kulaitas pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien di ruangan rawat inap, sehingga kekurangan-kekurangan dalam pelayanan keperawatan dapat diperbaiki. Kata kunci :Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Daftar bacaan : 32 (1997-2012)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 12 Sep 2019 02:54
Last Modified: 12 Sep 2019 02:55
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item