Hubungan karakteristik asuhan dukungan keluaraga dengan perawatan TB paru di rumah pada agregat lansia di wilayah kerja puskesmas sungai tarab kab. Tanah datar tahun 2013.

Ainil Fitria, Ainil Fitria (2013) Hubungan karakteristik asuhan dukungan keluaraga dengan perawatan TB paru di rumah pada agregat lansia di wilayah kerja puskesmas sungai tarab kab. Tanah datar tahun 2013. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
09 AINIL FITRIA.docx

Download (186kB)

Abstract

Ainil Fitria (9) 1.1 Latar Belakang Lanjut usia adalah suatu proses alamiah dimana semua orang tidak dapat menghindarinya dan pasti akan mengalaminya. Lansia merupakan sosok individu yang mengalami kekurangan produktifitas karena keterbatasan fisik yang dia miliki atau terjadinya proses kemunduran yang mereka alami (Nugroho, 2005). Pertambahan usia pada lansia akan menimbulkan perubahan-peruibahan pada struktur dan fisiologis dari berbagai sel/ jaringan /organ dan sistem yang ada pada tubuh manusia. Proses ini menjadikan kemunduran fsisk maupun psikis. Kemunduran fisik ditandai dengan kulit mengendur, rambut memutih, penurunan pendengaran, penglihatan, gerakan melambat dan kelainan berbagai fungsi organ vital. Kemunduran psikis terjadi peningkatan sensitifitas emosional, penurunan gairah, bertambahnya minat terhadap diri, berkurangnya minat terhadap penampilan, meningkatnya minat terhadap material dan minat terhadap kegiatan rekreasi tak berubah hanya orientasi dan subjek yang berbeda. Namum hal diatas tidak harus menimbulkan penyakit. Usia lanjut harus sehat yang diartikan sebagai kondisi (1) bebas dari kondisi penyakit fisik mental dan sosial, (2) mampu melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, (3) mendapatkan dukungan sosial dari keluarga dan masyarakat (Raharjo 1996, dalam Wahit Iqbal 2007). Dalam proses menua ada dua perubaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:18
Last Modified: 26 Sep 2019 04:19
URI: http://repo.stikesperintis.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item