MITA, WINDIANA (2020) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS SEBERANG PADANG DAN PUSKESMAS PEMANCUNGAN, KOTA PADANG. Skripsi thesis, Universitas perintis Indonesia.
Text
Skripsi Miftahul Nailur Rahmi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Tingkat kepuasan pasien merupakan tanggapan pasien atau pengguna jasa untuk setiap pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Seberang Padang dan Puskesmas Pemancungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan 5 dimensi kepuasan yaitu Responsiveness (daya tanggap), Emphaty (kepedulian), Reability (kehandalan), Assurance (jaminan) dan Tangible (bukti lansung). Hasil Penelitian menunjukan Puskesmas Seberang Padang diperoleh hasil Responsiveness (82,06%), Emphaty (83,25%), Reability (82,87%), Assurance (83,82%) dan Tangible (85%) dan Puskesmas Pemancungan diperoleh hasil Responsiveness (75,31%), Emphaty (72,13%), Reability (80,81%), Assurance (75,57%) dan Tangible (74,50%). Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Puskesmas Seberang Padang mendapatkan nilai (83,4%) dengan kategori sangat puas lebih baik dari Puskesmas Pemancungan mendapatkan nilai (75,66%) dengan kategori puas dan perbandingan pelayanan kefarmasian Puskesmas Seberang Padang lebih baik dari dari Puskesmas Pemancungan dalam bidang Pelayanan Kefarmasian. Kata Kunci : Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan, Puskesmas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Farmasi > S1 Farmasi |
Depositing User: | tripayuni ekaputri |
Date Deposited: | 11 May 2021 06:03 |
Last Modified: | 11 May 2021 06:03 |
URI: | http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/1510 |
Actions (login required)
View Item |