TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN LABORATORIUM DI PUSKESMAS PARIAMAN PADA TAHUN 2020

SRI, WAHYUNI (2020) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN LABORATORIUM DI PUSKESMAS PARIAMAN PADA TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Perintis Indonesia.

[img] Text
SRI WAHYUNI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan adalah faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pasien. Mutu pelayanan kesehatan lebih terkait pada dimensi ketanggapan petugas dalam memenuhi kebutuhan pasien. Kelancaran komunikasi petugas dengan pasien, perhatian dan keramah-tamahan petugas dalam melayani pasien serta kesembuhan penyakit yang diderita pasien. Pelayanan kesehatan yang bermutu akan tergantung pada proses pelayanan kegiatan itu sendiri, sumber daya dan faktor pelayanan yang mempengaruhi serta manajemen pelayanan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan laboratorium di Puskesmas Pariaman. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang diberikan kepada pasien yang bersedia menjadi responden. Untuk itu telah dilakukan penelitian tingkat kepuasan terhadap pelayanan laboratorium di Puskesmas Pariaman terhadap 100 responden. Dari penelitian yang dilakukan didapat nilai kepuasan Tangible sebesar 81,99%, Reability sebesar 88,20%, Responsivene sebesar 84,57%, Assurance sebesar 85,31% dan Empaty sebesar 83,17%. Hal ini dapat diartikan bahwa pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas laboratorium Puskesmas Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D4 Analis Kesehatan
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 19 May 2021 03:36
Last Modified: 19 May 2021 03:36
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item