HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG POLA ASUH, POLA ASUH DAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN STATUS GIZI ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI WILAYAH PUSKESMAS PELAWAN KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2021

HENNY DESLIA, HENNY DESLIA (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG POLA ASUH, POLA ASUH DAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN STATUS GIZI ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI WILAYAH PUSKESMAS PELAWAN KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Perintis Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI HENNY DESLIA-SIAP JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan ibu tentang pola asuh, pola asuh, kemandirian anak dan status gizi merupakan unsur terbaik bagi pembentukan kepribadian anak. Perbedaan pengetahuan ibu tentang pola asuh, pola asuh dan kemandirian anak menyebabkan perbedaan status gizi pada anak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang pola asuh, pola asuh, dan kemandirian anak dengan status gizi anak usia prasekolah di wilayah Puskesmas Pelawan Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain cross-sectional study. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak yang mengikuti pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK) di wilayah kerja Puskesmas Pelawan dan orang tua siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling terhadap 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan pengukuran antropometri berat badan dan tinggi badan, instrumen penelitian untuk variabel pola asuh dan pengetahuan tentang pola asuh adalah kuesioner,dan untuk variabel status gizi dengan pengukuran antropometri. Data diolah dengan menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji Chi Square. Dari hasil penelitian diperoleh sebanyak (36,7 %) ibu memiliki pengetahuan yang kurang tentang pola asuh, (36,6 %) anak mendapat pola asuh yang kurang, (26,6%) anak tidak mandiri, dan (23,3%) anak memiliki gizi kurang. Dari hasil uji statistik, dimana tiap variabel didapat nilai p-value < dari 0,05 artinya terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan tingkat kemandirian anak, ada hubungan yang bermakna antara pola asuh dengan kemandirian, dan terdapat hubungan yang bermakna antara kemandirian anak dengan status gizi. Kesimpulan penelitian ini adalah 36,7% ibu pada anak TK usia prasekolah memiliki pengetahuan kurang tentang pola asuh, 36,6% anak usia prasekolah memiliki pola asuh kurang 26,6% anak usia prasekolah tidak mandiri. 23,3% anak usia prasekolah mempunyai status gizi kurang. Berdasarkan analisis bivariat dengan α=0,05, terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu tentang pola asuh, pola asuh dan kemandirian anak dengan status gizi pada anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak (TK) di wilayah kerja Puskesmas Pelawan Kabupaten Sarolangun tahun 2021. Daftar Bacaan : (2002 – 2017) Kata Kunci : Pengetahuan ibu tentang pola asuh, Pola Asuh, Kemandirian Anak, Status Gizi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi
Depositing User: tripayuni ekaputri
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:50
Last Modified: 30 Dec 2022 04:50
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item View Item