FASILITAS BELAJAR, POLA KONSUMSI, PENDAPATAN ORANGTUA, AKTIVITAS FISIK DAN STATUS GIZI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 SUNGAI APIT, PROVINSI RIAU TAHUN 2018

CINDYOGI OKTAVIA, Yogi (2019) FASILITAS BELAJAR, POLA KONSUMSI, PENDAPATAN ORANGTUA, AKTIVITAS FISIK DAN STATUS GIZI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 SUNGAI APIT, PROVINSI RIAU TAHUN 2018. Skripsi thesis, Stikes Perintis Padang.

[img] Text
skripsi cindyogi oktavia.pdf

Download (4MB)

Abstract

Prestasi belajar diartikan sebagai penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran yang lazim ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. SMAN 1 Sungai Apit berada di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. SMAN 1 Sungai Apit merupakan salah satu SMA favorit di Kabupaten Siak yang berisikan siswa pilihan yang memiliki pengetahuan dan prestasi yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fasilitas belajar, pola konsumsi, pendapatan orang tua, aktivitas fisik dan status gizi serta hubungannya dengan prestasi belajar siswa SMAN 1 Sungai Apit. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Sungai Apit, Kabupaten siak, Provinsi Riau. Metode yang dipakai adalah cross sectional. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Apit dengan jumlah sampel 49 siswa. . Penelitian dilaksanakan pada bulan juli 2018 sampai dengan Desember 2018. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan cara wawancara menggunakan kuesioner. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan batas bermakna atau = 0,05 dengan derajat kepercayaan 95%. Uji analisis bivariat pada penelitian ini menggunakan uji statistik dengan rumus chi-square. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil analisa univariat menggambarkan bahwa 69,4% fasilitas belajar cukup, 73,5% pola konsumsi baik, 63,3% pendapatan orang tua, 61,2% aktivitas fisik sedang, 77,6% status gizi baik dan 83,7% prestasi belajar baik. Hasil analisa bivariat didapatkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara fasilitas belajar, pola konsumsi, pendapatan orang tua dan status gizi dengan prestasi belajar. Sedangkan untuk aktivitas fisik tidak terdapat hubungan bermakna dengan prestasi belajar. Disarankan kepada guru untuk memberikan informasi dan memberikan motivasi para siswa agar siswa juga ikut termotivasi dalam kegiatan pembelajaran dan diharapkan kepada siswa hendaknya memperhatikan materi yang diberikan oleh guru dan selalu aktif dalam proses pembelajaran agar prestasi belajar yang dicapai bisa maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi
Depositing User: khoirul hanif khoirul hanif
Date Deposited: 04 Sep 2019 01:39
Last Modified: 04 Sep 2019 01:39
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item