Hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar di masa pandemi pada mahasiswa Universitas perintis Indonesia Kampus II Bukittinggi Tahun 2022

NANDA ARDINI, NANDA ARDINI (2024) Hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar di masa pandemi pada mahasiswa Universitas perintis Indonesia Kampus II Bukittinggi Tahun 2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PERINTIS INDONESIA.

[img] Text
8.NANDA ARDINI manuskrip.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
8.NANDA ARDINI proposal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
8.NANDA ARDINI skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
8.NANDA ARDINI manuskrip.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

8. NANDA ARDINI 1814201209 ABSTRAK Pembelajaran daring merupakan sebuah metode pembelajaran yang dilakukan akibat dampak dari pandemi Covid-19. Motivasi belajar adalah suatu semangat dan tekad yang dimiliki peserta didik dalam mencapai cita-citanya. Pembelajaran daring dapat dikatakan efektif apabila peserta didik memiliki motivasi tinggi dalam proses belajar, pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang tidak termotivasi belajarnya karena perubahan metode belajar menjadi pembelajaran daring sehingga tujuan pembelajaran daring tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Pada Mahasiswa Universitas Perintis Indonesia Kampus II Bukittinggi Tahun 2022. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan desain corelation dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini ada 152 responden. Metode yang digunakan probility sampling dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner serta diolah dengan komputerisasi. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan hasil didapatkan lebih dari separuh yaitu sebanyak 77 (50,7%) responden mempresepsikan pembelajaran daring tidak efektif, 80 (52,6% ) responden yang mempresepsikan motivasi belajar rendah. Analisis bivariat pembelajaran daring efektif dan mahasiswa memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 47 (62,7%) , selanjutnya pembelajaran daring tidak efektif tetapi mahasiswa masih memiliki motivasi belajar yang tinggi sebanyak 25 (32,5%) responden. Hasil uji statistik diperoleh nilai p=0,000 (p≤0,05). Kesimpulan didapatkan ada hubungan yang bermakna antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar pada mahasiswa di masa pandemi. Diharapkan kepada mahasiswa untuk mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajarnya agar tujuan pembelajaran daring tecapai sehingga pembelajaran daring dapat dikatakan efektif. Kata kunci : Pembelajaran daring, Motivasi belajar, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:09
Last Modified: 11 Jul 2024 03:33
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/3400

Actions (login required)

View Item View Item