pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak taman kanak - kanak di TK Istiqomah surau kamba kecamatan IV angkek kabupaten Agam tahun 2014

SUPRIADI, SUPRIADI (2015) pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak taman kanak - kanak di TK Istiqomah surau kamba kecamatan IV angkek kabupaten Agam tahun 2014. Skripsi thesis, STIKes PERINTIS PADANG.

[img] Text
18 SUPRIADI.docx

Download (29MB)

Abstract

SUPRIADI: 10103084105566 (18) ABSTRAK Pentingnya mengenyam pendidikan TK juga ditunjukkan melalui hasil penelitian terhadap anak – anak dari golongan ekonomi lemah yang diketahui kurang memperoleh rangsangan mental selama masa prasekolah, ternyata pendidikan selama 10 tahun berikutnya tidak memberi hasil yang memuaskan Beberapa tahun belakangan ini pun, banyak sekolah dasar, terutama sekolah dasar favorit yang memberikan beberapa persyaratan masuk pada calon siswanya. Sekolah ini mengadakan tes psikologi dan mensyaratkan anak sudah harus bisa membaca. Membaca merupakan sarana yang tepat untuk mempromosikan suatu pembelajaran sepanjang hayat (life long learning). Menurut Doman waktu terbaik untuk belajar membaca kira-kira bersamaan waktunya dengan anak belajar bicara, dan masa peka belajar anak terjadi pada rentang usia 3 hingga 5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak-anak Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen pretest-posttest control group. Hasil penelitian dari 10 orang anak sebelum dilakukan pemberian metode multisensori didapatkan 100 % anak TK istiqomah belum mampu membaca,setelah dilakukan pemberian metode multisensori didapatkan 90 % anak TK istiqomah sudah mampu untuk membaca. Berarti ada pengaruh pemberian metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak TK istiqomah surau kamba dibuktikan dengan nilai p < ( p value 0,000). Maka dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak Taman Kanak-kanak. Oleh karena itu, para praktisi pendidikan anak usia dini sebaiknya mengajarkan membaca dengan metode yang sesuai prinsip PAUD. Kata Kunci : Metode multisensori membaca permulaan, pada anak TK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: lena lena
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:16
Last Modified: 23 Sep 2019 02:16
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item View Item