PENGARUH PE NYULUHAN MELALUI MEDIA ANIMASI KARTUN DAN ULAR T ANGGA EDUKATIF TERHADAP PENIN GKATAN PENGETA HUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN KONS UMSI SAYU R DAN BUAH PADA SISWA SDN 136/I II KOTO TENGAH KERINCI

Rizki Pirma laili, Rizki (2019) PENGARUH PE NYULUHAN MELALUI MEDIA ANIMASI KARTUN DAN ULAR T ANGGA EDUKATIF TERHADAP PENIN GKATAN PENGETA HUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN KONS UMSI SAYU R DAN BUAH PADA SISWA SDN 136/I II KOTO TENGAH KERINCI. Skripsi thesis, Stikes Perintis Padang.

[img] Text
RIZKI PIRMA LAILI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya konsumsi sayur dan buah pada anak usia sekolah menyebabkan penyakit tidak menular terkait kekurangan gizi (BB/TB). Memberikan informasi tentang pentingnya konsumsi sayur dan buah adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Pemilihan media animasi kartun dan ular tangga edukatif merupakan media yang menarik untuk disajikan pada anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan media animasi kartun dan ular tangga edukatif terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan konsumsi sayur dan buah pada siswa di SDN 136/III Koto Tengah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 45 orang, pengambilan sampel menggunakan rancangan acak kelmpok. Pengukuran dilakukan menggunakan lembar kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test karena data tidak terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rerata pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan melalui media animasi kartun dan ular tangga edukatif. Hasil uji statistik Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan ada pengaruh penyuluhan menggunakan media animasi kartun dan ular tangga edukatif terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan tindakan siswa (p<0,05). Daya terima penyuluhan menggunakan media animasi kartun menunjukkan hasil yang baik, tetapi hasil uji statistik Mann-Whitney Test menunjukan tidak ada perbedaan daya terima media animasi kartun dan ular tangga edukatif (p>0,05). Penelitian ini disimpulkan penyuluhan memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan siswa. Media penelitian ini dapat digunakan oleh UKS, Puskesmas, dan Dinas Kesehatan. Diharapkan ada peneliti lain yang akan meneliti penyuluhan dengan media yang berbeda untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan siswa. Daftar Bacaan : 2003 - 2018 Kata Kunci : Buah dan sayur, penyuluhan, animasi kartun, ular tangga edukatif, pengetahuan, sikap, tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Gizi
Depositing User: khoirul hanif khoirul hanif
Date Deposited: 03 Dec 2019 05:10
Last Modified: 03 Dec 2019 05:10
URI: http://repo.upertis.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item